Hijrah Dan Hijriah, Sama Atau Beda? Jangan Sampai Salah!

Hijrah Dan Hijriah, Sama Atau Beda? Jangan Sampai Salah!

Hijrah Dan Hijriah, Sama Atau Beda? – Sekarang ini pemuda yang sedang giat-giatnya belajar Islam namain diri mereka pemuda hijrah. Ya emang slogan beranjak dari suatu yang buruk ke suatu kebaikan sekarang kerap disebut berhijrah. Gak salah kok, mengistilahkan suatu gerakan sah-sah saja. Apalagi pemuda dalam gerakannya sudah banyak dan banyak pula yang mengistilahkan demikian.

Masalahnya masih banyak yang salah kaprah dengan makna Hijrah. Kadang juga ketuker sama Hijriah. Kalau salah pemaknaan ini kan imbasnya ke mana-mana, terutama penyebutan. Bisa-bisa ada yang nyebut “Gerakan Pemuda BerHijriah” wkwk. 

Ya sudah, supaya kalian yang sedang berada di fase hijrah ini gak salah sebut, dalam tulisan ini Islam Santuy akan membahas perbedaan antara Hijrah dan Hijriah. Apakah Hijrah dan Hijriah itu sama atau beda? Kalau beda kenapa kok tulisan dan penyebutannya mirip-mirip? Kalau sama kok beda dalam penyebutan dan tulisan? 

Hijrah Dan Hijriah, Sama Atau Beda?

Dengan tegas kita bisa nyatakan bahwa kedua hal tersebut beda. Jadi jangan kalian sama-samain. Pahamin ini dulu, KEDUANYA BEDA. Kalau udah tahu beda kan gampang, kalian gak salah nyebut lagi. Dengan paham keduanya beda gak ada lagi tuh yang salah nyebut Pemuda BerHijriah, atau Kalender Hijrah.

Tapi kok bisa beda? Kita bahas satu-satu biar gak bingung. Simak sampai paham, biar gak malu-maluin juga kalo nyebut.

Hijrah

Kata Hijrah awalnya berasal dari bahasa Arab, artinya pindah atau bermigrasi. Kalau dalam bahasa Arab kata kerjanya dieja dengan hajara-yuhajiru. Jika kata tersebut diubah dalam bentuk nomina maka ejaannya menjadi hijrah. Ejaan bentuk nomina ini yang biasa dipakai orang-orang Indo, btw kata ini juga sudah masuk dalam KBBI.

Dalam pengertian Istilah, kata Hijrah biasanya merujuk pada peristiwa pindahnya Rasulullah Saw. beserta para sahabat dari Mekkah ke Madinah (tapi gak mutlak loh ya, masih banyak pengertian yang lain tergantung siapa yang berpendapat). Di KBBI, kata Hijrah diartikan seperti pengertian secara Istilah yang barusan inim, peristiwa Hijrahnya Rasul. Tahu kan peristiwa perpindahan Nabi ke Madinah?

Sejarah Singkat Hijrahnya Nabi dan Para Sahabat

Jadi sejarah mencatat bahwa Rasulullah Saw. dan para sahabatnya pernah melakukan migrasi dari Mekkah dan Madinah. Terlalu banyak alasan akan hal ini, kalau kita jabarkan di sini nanti tulisannya terlalu panjang (kapan-kapan lah ya). Pokoknya salah satu alasan pindahnya mereka ke Madinah adalah jaminan dari penduduk Madinah bahawa mereka (maksudnya Rasul dan sahabat) bisa dengan bebas menyebarkan agama Islam.

Tentu jaminan ini membawa sinar terang benderang bagi Rasulullah dan para sahabat. Dakwah mereka yang awalnya banyak terkekang oleh tingkah laku elite Mekkah kini telah mendapat jaminan bebas dari penduduk kota sebelah, asal mereka pindah. Kalau dengan alasan ini masuk akal jika Rasul dan para sahabat mau pindah.

Dan ternyata benar, dakwah Islam berkembang pesat di kota Madinah. Penduduk Madinah sangat antusias menerima dakwah Nabi. Bahkan oleh mereka, Nabi diangkat menjadi seorang pemimpin kota (sebenarnya negara kota). Kalau kita ceritakan secara singkat, berkat jaminan dalam hijrah ini (dan takdir serta kehendak Allah tentunya), dakwah Islam bisa meluas dengan cepat. Bahkan sampai ke kita-kita sekarang. Ajib kan?

Apa hubungannya “Hijrah Nabi” dengan “Pemuda Hijrah”?

Nah ini pertanyaan pentingnya. Seperti yang kita jelaskan di muka bahwa sekarang istilah Hijrah mengalami tren pergeseran makna. Gak heran karena memang  arti kata Hijrah yang awalnya migrasi atau pindah secara teritorial kini dipahami dengan arti pindah secara amaliyah. Maksudnya perpindahan perilaku, dari perilaku yang tidak baik menuju perilaku yang diridhoi oleh Allah.

Pengertian semacam ini kiranya diamini oleh beberapa cendekiawan muslim asal Indonesia. Sebut saja Quraish Shihab dan Nurcholish Madjid. Prof Quraish bilang kalau Hijrah adalah suatu perjuangan besar yang diikuti oleh sikap optimis. Sedangkan Cak Nur bilang kalau Hijrah adalah perjuangan peningkatan kualitatif untuk menciptakan yang lebih baik.

Jika kita sandingkan Hijrah nabi, migrasi amaliyah, dan pendapat dua cendikiawan muslim barusan, kita bisa ambil satu benang merah. Yaitu adanya pergerakan untuk menjadi lebih baik. Coba deh kalian liat-liat, bener gak?

Nabi Hijrah dari Mekkah ke Madinah agar lebih leluasa dalam mendakwahkan Islam, dengan begitu Islam dapat dengan mudah menyebar luas. Migrasi amaliyah tujuannya meninggalkan perbuatan buruk mereka di belakang untuk berbuat suatu yang diridhoi Allah. Prof Quraish dan Cak Nur bilang kalau hijrah itu perjuangan optimis untuk peningkatan kualitas dengan tujuan menciptakan masyarakat yang lebih baik.

Benang merah pergerakan untuk menjadi lebih baik kira-kira akan buat kalian jadi paham kan ya? Kalau gak paham diulang-ulang lagi aja. Dari banyaknya pengertian hijrah (dan sebenarnya lebih banyak lagi) kira-kira itu benang merahnya itu, PERGERAKAN UNTUK MENJADI LEBIH BAIK.

Hijriah

Jangan lupa guys, pembahasan kita bukan hanya Hijriah, tapi Hijrah Dan Hijriah. Sekarang kita bahas tentang Hijiriah. Jadi Hijriah adalah kalender yang kerap digunakan oleh umat muslim. Gak tau ya ini bisa kita sebut dengan kalender Islam atau gak, sebab sah-sah saja kan ya kalau seandainya umat lain pakai sistem penanggalan Hijriah? 

Toh kita (umat muslim maksudnya) juga pakai sistem penanggalan Masehi. Padahal kalender Masehi berpatokan dengan kelahiran Yesus dan nama-nama bulannyapun diambil dari nama dewa-dewa Yunani.

Tapi gak bisa disalahkan juga kalau ada orang yang bilang kalau Hijriah itu kalender Islam. Masalahnya kalender Hijriah seakan sudah melekat dengan Islam dan menjadi identitas umat Islam saat ini, dan memang yang membuat ketetapan tahunnya dari tubuh orang Islam sendiri. Ya walaupun sebenarnya nama bulan-bulan di kalender Hijiriyah sebenarnya sudah ada sebelum dakwah Islam oleh Rasulullah digelakkan.

Sejarah Kalender Hijriah

Jadi saat Umar bin Khattab menjadi khalifah, satu polemik terjadi dalam hal surat menyurat. Surat-surat yang ada saat itu tidak memberikan informasi tanggal, akibatnya kaum muslim pada saat itu menjadi bingung, mana surat yang datang duluan dan mana yang datang belakangan.

Lantas Umar dan para sahabat senior berdiskusi untuk menentukan format penanggalan resmi kekhalifahan Islam. Untungnya dalam budaya Arab sudah ada nama bulan-bulan, yang menjadi PR pada saat itu adalah tahun kapan kiranya kalender ini mulai dan bulan mana yang akan jadi bulan pertama. Bahasa mudahnya mereka harus nentuin kapan tahun pertama itu dimulai (tahun 1 maksudnya), dan mana yang jadi Januarinya (kan bulan pertama to).

Ada beberapa opsi pilihan mengenai penentuan tahun 1. Opsi-opsi tersebut adalah momen lahirnya Rasulullah, momen diangkatnya Muhammad Saw. menjadi Rasul, momen meninggalnya Rasulullah, dan Hijrahnya Rasul ke Madinah. Umar sebagai penentu kebijakan mengambil opsi terakhir ini.

Alasannya adalah peristiwa Hijrah adalah momen pembeda antara yang haq dan yang bathil (nah ada hubungannya ya sama Hijrah yang kita bahas tadi). Adapun penentuan Muharram sebagai bulan satu karena wacana Hijrahnya Nabi pada waktu itu ada sejak bulan Dzulhijjah (btw urutan Muharram itu letaknya sesudah Dzulhijjah). Maka Muharram dianggap sebagai realisasi dari wacana Hijrah tersebut.

Baca Juga: Belajar Islam Dengan Santuy Emang Boleh? Ya Boleh Dong!

Persamaan dan Perbedaan Antara Hijrah Dan Hijriah

Nah dari sinilah penamaan Hijrah dan Hijriah ini mirip, karena dua hal tersebut bertolak dari satu hal yang sama. Gelombang migrasi tempat dan migrasi akhlak. Dari yang semula ada dalam keburukan menuju ke arah yang lebih baik.

Kalau dari segi ejaannya kok hampir mirip-mirip jawabannya bisa kita temukan dengan kaidah bahasa Arab. Dalam bahasa Arab dikenal istilah penisbatan, aturannya adalah penggunaan ya nisbah. Kalau kalian tulis Hijriah dengan aksara Arab ada huruf ya nya kan? Asal katanya itu Hijrah, ketika satu hal dinisbatkan ke kata Hijrah, maka berdasarkan kaidah penisbatan tadi, kata Hijrah ditambahin huruf ya (Ingat ya dalam aksara Arab). Jadilah Hijriah. 

Penutup

Gimana, paham lah ya bedanya Hijrah dan Hijriah? Pokoknya sekarang yang penting kita paham kalau Hijrah itu pergerakan menjadi baik, Hijriah itu kalender penanggalan yang biasanya dipakai umat muslim. Kalau udah paham kan enak, semoga gak ada lagi yang salah paham apalagi salah sebut. Takut diketawain orang. Wkwk. 

Jangan lupa share ke temanmu juga yaa...
Naufa Izzul Ummam
Sarjana agama, otw lanjut. Okelah ya kalau nulis soal keagamaan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back To Top