Kirim Tulisan

Mau berpartisipasi jadi penulis di Islam Santuy? Kuy simak beberapa aturan berikut!

Pedoman Penulisan di Islam Santuy

  1. Buat tulisan kamu sendiri, jangan pake AI atau copas dari orang lain. Dan usahakan bahasa tulisanmu santai-santai aja.
  2. Buat judul tulisannya di bagian paling atas. Jangan gunakan huruf kapital semua, cukup di kata-kata pertama dalam judul aja.
  3. Panjang tulisannya ada di antara 500-1000 kata. Lebih-lebih dikit gpp, cuma jangan kurang.
  4. Tulisan yang kamu kirimkan memperhatikan tata-bahasa standar yang umum digunakan, besar kecil huruf dan lain sebagainya. Kalau ada istilah yang asing dalam bahasa Indonesia, buat dengan italic. 
  5. Ada beberapa istilah yang perlu kita selaraskan, supaya antar artikel sama gitu. Yaitu Alquran (untuk di Islam Santuy, tulis demikian. Gak perlu pakai tanda “Strip-” atau “petik (‘)”), lalu Qs. (kalau mau nyingkat Quran surah pakai yang seperti itu aja, jangan QS.) Contoh pemakaiannya begini Qs. Al-Baqarah: 12. (Tidak perlu ditambahkan urutan suratnya).
  6. Pastikan bahwa kamu tidak menulis satu paragraf telalu panjang. Cukup 2-3 kalimat aja. Tapi jangan kamu paksa juga, rangkai susunan paragrafnya senatural mungkin.
  7. Jangan lupa buat juga beberapa sub-bab yang terdiri dari beberapa rangkaian paragraf setema.
  8. Pilih kategori atau sub kategori tujuan tulisanmu. Misalnya Aqidah, Alquran, Opini, Tulisan Nyantuy dsb. Kamu bisa liat daftarnya di home page Islam Santuy.
  9. Kirim tulisanmu dalam bentuk .doc ke email redaksi@islamsantuy.id. Kirimkan dengan format subjek email sebagai berikut: “Kategori Pilihan_Judul Tulisan_Nama Kamu”, Misal “Opini_Politik Identitas, Adakah Dalilnya?_Abdullah
  10. Jangan lupa lampirkan profil di bawah tulisanmu. Isinya nama lengkap, foto, dan sedikit keterangan mengenai dirimu.

Disclaimer

  1. Pihak redaksi Islam Santuy berhak menolak tulisan yang dikirimkan.
  2. Jika kamu mengirim tulisan ke Islam Santuy, jangan kirimkan tulisan tersebut ke media lain secara bersamaan.
  3. Batas waktu tunggu penerbitan artikel adalah 5 hari. Jika tulisanmu tidak terbit lebih dari 5 hari pengiriman, maka boleh kamu kirimkan ke media lain.
  4. Jika tulisanmu tertolak tapi kamu masih ingin untuk menerbitkannya, kamu bisa kirimkan lagi setelah merevisi sesuai dengan pedoman di atas.
  5. Pihak redaksi berhak menyunting tulisan yang masuk, isi ataupun judul tanpa merubah substansi.
  6. Per bulan April 2024, pihak Islam Santuy akan memberikan fee sebesar Rp 50.000 untuk setiap naskah yang diterima oleh pihak editor.
Back To Top